Kamis, 13 Agustus 2015

MEMBUAT ANTENA MODEM PARABOLA

Assalamualaikum..., di sini saya akan berbagi pengalaman tentang pembuatan antena modem usb. Banyak jenis antena modem usb yang di jual di pasaran. Mulai dari antena omni, wajanbolic, dan yagi,dll. atau yang biasa buat sendiri dengan biaya murah seperti antena biquat, kaleng, bazoka, dll. Setiap antena mempunyai kekurangan dan kelebihanya sendiri-sendiri.
Sekarang saya akan mengulas tentang membuat antena modem gsm tipe parabolic. Saya membuatnya dengan beberapa alasan dengan point sebagai berikut :
  1. Di butuhkan koneksi yang stabil, biasanya untuk pengguna game online wajib menggunakan koneksi yang stabil dan ping kecil.
  2. Penangkapan sinyal yang kuat walaupun letak bts jauh dari lokasi kisaran 2 km keatas atau lebih.
  3. Meminimalisir gangguan sinyal ketika saat hujan ataupun saat terik di siang hari, karena pada waktu tersebut biasanya sering terjadi gangguan sinyal.
Oke gak perlu lama lama basa basinya, kita mulai saja dari langkah awal pembuatan dish parabola. Saya di sini membeli dish mesh yg belum di rakit ukuran diameter 6feet/182cm seharga kisaran 200rb, dan saya merakitnya sendiri kalo di rakitkan orang lain mungkin biayanya nambah 100rb.


     Langkah ke2 yaitu kita membuat dudukan lnb sendiri karena dudukan lnb untuk modem internet berbeda dengan dudukan lnb ku band, ato c band. karena ukuranya agak besar di banding lnb ku band karena besar frekuensinya berbeda dari sinyak 3g. Saya menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan menggunakan kaleng bekas yang di bor, pipa paralon yang di balut alumunium atau modifikasi plat alumunium yang saya bentuk menjadi berbentuk tabung seperti gambar di bawah ini saya memilih cara ini karena lebih tahan cuaca lebih lama.

untuk perumusan pembuatan diameter tabung saya mengambil beberapa dari sumber di sini.
      Langkah ketiga, saya mempersiapkan kabel female pigtail untuk modem, perpanjangan kabel usb 5m, usb hub dengan adaptor, dan modem 3g.
dan setelah itu kita tinggal menyambung kabel seperti gambar di bawah ini.
Dan langkah terakhir yaitu mounting parabola dan pemasangan lnb buatan sendiri yang berbentuk tabung.dan pemasangan connector inner di lnb yang telah di lubangi. hasilnya seperti gambar di bawah ini,
parabola 3g
Dan tidak sabar lagi saya mencoba melihat kekuatan sinyal yang di dapat, di sini saya menembak bts yang berjarak 2 km dari rumah saya.
hasil test kekuatan sinyal
test ping selama 5 menit
Demikian informasi berdasarkan pengalaman dari saya yang bisa saya bagikan untuk sobat sekalian. Bila ada kekurangan dari informasi ini, sobat bisa memberi masukan berdasarkan pengalaman sobat, karena kita bisa berbagi ilmu bersama. Untuk topik berikutnya saya akan mengulas jenis antena ekstreme kedua yang akan saya buat. Terima kasih, Wasalam...
sumber : http://ekstremeantena.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar