Rabu, 04 Mei 2011

4 Fokus dalam Mengembangkan Bisnis :

1.Penjualan harus lebih besar dari biaya :

Dengan tingkat persaingan bisnis yang ketat dewasa ini, maka owner dituntut untuk menciptakan strategi penjualan yang tepat. Pemilik harus aktif membuat program program campaign, atau ”mengemas” produknya untuk mendongkrak omset. Namun, agar efektif ( program tepat sasaran ) & efisien ( program dilaksanakan dengan benar), sebaiknya owner sesekali perlu mengawasi secara langsung eksekusi program oleh karyawan dilapangan , dan mengevaluasi / mengukur hasil program dalam rentang waktu tertentu. Bila program promosi tidak efektif, segera ganti dengan program lain yang lebih mengena. Point utama disini adalah bahwa produk atau layanan sebagus apapun, kalau tidak dibarengi dengan penawaran yang kreatif dan komunikasi yang tepat, pasti akan terseok-seok di pasar.

Namun pemilik jangan hanya fokus pada penjualan ( omset ) saja, tapi perhatikan juga biaya / pengeluaran usaha :
• Pastikan keuangan usaha Anda dipisah dengan keuangan pribadi Anda Sebaiknya bisnis Anda menerapkan sistem gaji untuk Anda, sehingga tampak jelas mana kekayaan usaha, dan mana kekayaan pemilik. Banyak terjadi, pemilik ”mengkorupsi” keuangan usahanya sendiri tanpa disadarinya.
Sedangkan untuk penyusutan aset usaha yang meliputi : mobil, komputer, gedung, dll, sebaiknya dibuatkan rekening khusus yang terpisah dengan rekening operasional usaha.
• Sisihkan waktu tiap bulan untuk mengevaluasi laporan laba rugi bisnis Anda. Cermati kemungkinan kemungkinan untuk menaikkan pendapatan dan menekan biaya. Bila perlu, mintalah masukan dari karyawan yang notabene lebih mengenal kondisi lapangan dan pelanggan.

2. Perhatikan Piutang :
Hanya ada 3 kunci sukses dalam berbisnis, yaitu cash, cash, dan cash !!
Meskipun meningkatkan pendapatan penting, namun setiap pengusaha harus selalu menjaga keuntungan dengan mengelola biaya dan menagih piutang. Pastikan piutang tidak lebih dari 30 hari. Jangan sampai usaha Anda, kesulitan keuangan untuk menggaji karyawan diakhir bulan, membayar tagihan yang jatuh tempo, atau operasional bulanan lainnya, karena piutang yang tidak tertagih. Ingat, usaha Anda bukan bank buat pelanggan.

3. Perhatikan Pelanggan :
Pelanggan adalah sumber kelangsungan hidup bisnis Anda. Sebenarnya merekalah yang memberikan pendapatan ke usaha Anda, membayar pengeluaran, tagihan, dan gaji karyawan tiap bulannya. Ingatlah selalu bahwa kita bekerja untuk pelanggan, dan dengan keberadaan kompetitor yang semakin banyak, pelanggan memiliki semakin banyak pilihan. Maka perlu ditumbuhkan kesadaran pada seluruh karyawan, bahwa kitalah yang membutuhkan mereka, dan pentingnya menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Perhatikan Karyawan :
Banyak pemilik bisnis yang menyia-nyiakan karyawannya, namun berharap mereka tetap dapat melayani dan tersenyum ramah kepada pelanggan.
Ken Blanchard dalam salah satu bukunya ”One minute Entrepreneur” memberikan nasehat : ” Karyawan bukanlah aset terpenting dalam perusahaan. Mereka adalah perusahaan. Ketika kamu menutup pintu di sore hari, dan para karyawan pulang ke rumah, bisnismu ikut pergi bersama mereka. ”
Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa karyawan telah terpenuhi kesejahteraannya dengan layak, karena merekalah yang menjalankan bisnis kita.

Berikut hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola karyawan :
a. Pastikan sistem pengupahan telah memenuhi asas keadilan untuk kedua belah pihak baik karyawan maupun owner. Sebaiknya jangan menggunakan sistem bagi hasil, karena sistem ini hanya cocok untuk skala bisnis yang kecil . Daripada menggunakan sistem bagi hasil, lebih baik gunakan sistem gaji pokok yang rendah dengan insentif atau tunjangan yang besar.
b. Berikan rasa aman karyawan dalam bekerja, dengan memberikan asuransi kesehatan atau kecelakaan kerja.
c. Perhatikan suasana lingkungan kerja, pastikan tiap karyawan memiliki motivasi kerja, dan media untuk berkomunikasi dengan atasannya atau ownernya. Lakukan pertemuan harian, mingguan dan bulanan. Sekali waktu, ajaklah karyawan untuk refreshing bersama, disesuaikan dengan kemampuan bisnis Anda..

Lakukan evaluasi atas 4 komponen diatas secara berkala tiap bulan. Inventarisasi dan susun pareto atas kendala kendala yang ditemui dari masing masing komponen. Segera selesaikan sesuai dengan pareto dan sumber daya yang dimiliki.

Dengan fokus pada 4 komponen diatas, diharapkan bisnis Anda dapat berkembang, dan Anda dapat menikmati profit yang baik tiap bulannya...

Bisnis percetakan rumahan, ternyata dapat dikerjakan dengan modal dengkul. Simak tips menariknya, dengan klik link dibawah ini...

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/2000624-fokus-dalam-mengembangkan-bisnis/#ixzz1LR02ohpX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar