Rabu, 04 Mei 2011

STRATEGI – STRATEGI DASAR MEMULAI BISNIS SUKSES

Kondisi perkembangan ekonomi bangsa sekarang memaksa kita untuk lebih kreatif dalam meningkatkan taraf hidup. Tingkat inflasi yang selalu mengancam, kenaikan harga bahan pangan dan saingan kesempatan kerja yang semakin sempit mengharuskan kita agar memilikirkan dan mengimplementasikan bisnis alternative atau sampingan diluar pekerjaan utama kita. Mungkin sebagian kita masih merasa pekerjaan kantor kita sudah mencukupi kebutuhan sehari – hari kita, tetapi apakah kita sudah yakin bahwa pekerjaan utama kita sudah mencukupi kebutuhan masa depan kita, terutama masa depan anak – anak, seperti masa depan pendidikan yang baik, dan jaminan kesehatan bagi keluarga.

Apalagi bagi kita yang belum memiliki pekerjaan, pilihan berbisnis menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi dizaman modern sekarang, dimana persaingan memperebut lapangan pekerjaan sudah menjadi sangat ketat. Berbisnis merupakan strategi usaha yang cukup menjanjikan penghasilan besar jika mampu dijalani dengan kreatif, semangat pantang menyerah dan memahami strategi – strategi dasar dalam berbisnis.

Berikut strategi – strategi dasar yang harus dipahami dan diimplementasikan oleh pebisnis agar sukses dalam bisnisnya:

1. Membangun believe (kepercayaan) konsumen
Sebelum kita focus untuk menawarkan barang dagangan kita, sebaiknya kita yakinkan konsumen bahwa mereka menaruh trust (kepercayaan) kepada kita, kemudian baru konsumen bisa menaruh trust kepada produk kita. Kepercayaan dapat dilihat dari bagaimana konsumen tertarik sama produk kita, bagaimana dia mau menjadi pendengar yang baik saat kita persuasi, dan kontak mata yang dia tunjukan kepada kita.

2. Bangun network (jaringan pemasaran)
Jaringan pemasaran sangat penting dalam meningkatkan nilai jual produk kita. Dengan semakin besarnya jaringan kita maka tentu jumpalh konsumen juga akan semakn besar. Jangan hanya terfokus kepada jaringan lokal saja (sekitar lingkungan), tetapi jaringan luas diluar kota juga harus dibangun. Kemudian harus kita pahami bahwa salah satu metode pemasaran yang paling mujarab adalah promosi daro mulut ke mulut yang dilakukan secara suka rela oleh konsumen. Metode ini hanya bisa sukses jika konsumen memiliki believe terhadap produk kita dan merasa puas dengan pelayanan kita.

3. Berbisnis produk kesukaan atau hobi
Jika kita mampu menjalani bisnis dengan produk yang kita sukai atau merupakan hobi kita, tentu akan memberikan semangat lebih bagi kita menjalani bisnisnya. Semangat ini kan mampu menghasilkan energy positif dari diri kita sehingga kita mampu memberikan pelayanan terbaik. Menjalani bisnis kesukaan atau hobi ini juga mampu mengurang stres kita disaat pendapatan kita sepia tau menurun.

4. Terbuka dengan masukan dan kritik konsumen
Menjadi diri yang matang dengan berani menerima kritikan dari konsumen adalah contoh pribadi yang sukses. Semakin kita mau mendengarkan kritikan dari konsumen maka kita akan semakin memahami selera dan kebutuhan konsumen. Sikap ini juga mampu mempererat hubungan emosional dengan konsumen sehingga menunjukkan keseriusan kita dalam melayani mereka.

5. Jual Merek dan moto, bukan barangnya
Strategi berikut merupakan strategi kekuatan psikologis dalam menanamkan brand (nama produk) kita dalam memori konsumen. Buatlah konsumen mau membeli produk kita karena merek produk kita, sehingga mereka merasa bangga menggunakan produk kita. Karena tanpa kita sadari merek atau brand, bukanlah hanya sekedar nama produk, tetapi brand mampu memberikan nilai kebanggaan atau label kesuksesan bagi konsumen, maka banyak kita lihat banyak orang kaya berani memberi produk dengan merek khusus seperti jam tangan atau tas dengan harga selangit, padahal banyak selagi jam tangan atau tas lain dengan merek berbeda dan harga yang jauh lebih murah. Fenomena ini karena mereka merasa bangga dan berharga jika menggunakan merek produk yang bersangkutan.

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/2148891-strategi-strategi-dasar-memulai-bisnis/#ixzz1LR1gkgMd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar