Senin, 17 Agustus 2015

3 Cara Mudah Mengoptimalkan RAM pada Perangkat Komputer

Penggunaan Komputer yang baik akan memperpanjang usia komputer, banyak hal yang sering terjadi saat kita berkomputasi, salah satunya kelambatan dalam eksekusi data,  sering kita kait-kaitkan dengan RAM jika komputer kita mengalami performa lemah. Random Acces Memory atau yang kita kenal dengan sebutan RAM, perangkat ini paling berpengaruh dalam komposisi komputer, Ram merupakan memory utama yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan sementara, saat komputer dalam keadaan hidup dan sebagai pendukung  untuk segala proses komputing,  kecepatan serta kapasitas menjadi nilai lebih sebuah RAM untuk kinerja Komputer.
4-cara-untuk-meningkatkan-performa-RAM-Komputer-banner
Meskipun RAM sudah lumayan besar tetapi kinerja dari perangkat komputer belum memenuhi kinerja, mungkin hal ini pernah Anda alami, sebenarnya ada solusi yang perlu Anda lakukan untuk optimasi RAM, berikut langkah praktis yang mungkin bisa Anda ikuti untuk meningkatkan proses kinerja RAM pada komputer Anda.
Pakai Task ManagerCara paling mudah iyalah dengan menggunakan Task Manager yang tersedia pada sistem operasi di perangkat komputer Anda, lewat fungsi ini Anda dapat memantau seluruh kegiatan serta proses yang sedang berjalan pada perangkat komputer. Tidak hanya itu saja, seluruh sistem operasi baik Windows maupun Unix mampu melakukan sorting daru urutan penggunaan RAM terbesar hingga yang kecil.
Task Manager - Performance
Perlu diketahui bila Anda ingin melakukan akses lewat Task Manager setiap sistem operasi memiliki  cara berbeda. Salah satunya Windows,  Anda dapat mengakses Task Manager cukup dengan klik kanan pada star taskbar dan pilih Task Manager. Anda akan mendapatkan window yang menampilkan monitor kesulurahan proses. Tetapi jika Anda menggunnakan Linux, semakin banyak cara yang bisa Anda lakukan sesuai dengan lingkungan dekstop yang Anda pakai. Misalnya saja , penulis menggunakan lingkungan desktop Unity maka untuk melakuakan akses Task Manager cukup dengan mencari sistem monitor (Pada Linux setiap dekstop environment memiliki nama task manager yang berbeda).
Disable Starup AppsBisa dibilang langkah ini merupaka langkah Advane setelah Anda memantau seluruh proses yang berjalan di komputer Anda.  Aplikasi star up merupakan program yang berfunsi otomatis akan dijalankan ketika komputer dihidupkan, dengan begitu semakin banyak program yang di jalankan, tentunya proses akan semakin berat.
600x406x02_turning_off_startup_programs.png.pagespeed.ic.81msKYrscR
Untuk itu lakukan disable aplikasi starup, bagi Anda pengguna Windows 8 Anda bisa melakukannya pada tab star up pada task manager, tau dengan msconfig jika Anda pengguna windows 7, bila Anda pengguna linux, Anda bisa melihat kesuluruhan star up melalui terminal dengan langkah berikut ini.
1. sudo –i
2. cd /etc/xdg/autostart/
3. sudo sed –in-place ‘s/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g’ *.desktop
Langkah ini perlu ketelitian dan harus berhati-hati ketika melakukan disable star up pada Linux, karena terkadang aplikasi yang tersedia telah terhubung langsung dengan sistem operasi tersebut.
Aplikasi pihak KetigaSaat ini sudah banyak tersedia aplikasi pihak ketiga yang mampu mengoptimalkan kinerja RAM, namun aplikasi yang Anda gunakan tentu sesuai dengan kebutuhan, salah satunya Ccleaner yang tersedia untuk Windows, sedangkan pada Linux (Ubuntu) menggunakan Ubuntu Tweak, dan masih banyak lagi aplikasi ketiga yang lebih baik.
650x468x04_using_ccleaner_to_disable_startup_programs.png.pagespeed.ic.0F4Per6Mov

Siap untuk mengoptimalkan RAM Komputer Anda? Semoga  tiga langkah diatas dapat menjadi solusi mudah, sebelum Anda bertindak lebih jauh.

sumber : http://www.linkincube.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar